Belajar Berbisnis Online & Trading Online di Internet

Tempat Belajar Bisnis Online di Internet Bagi Karyawan

Sayangi Ginjal Dengan Hidup Sehat

Posted by Aji Monoarfa pada Juli 25, 2009

Telah beberapa minggu ini saya berhubungan langsung dengan penderita batu ginjal yang menurut dokter telah memvonis bahwa fungsi ginjalnya hanya tinggal 5-10% saja, kecenderungan mengarah gagal ginjal dimana ginjal sudah tidak berfungsi lagi sebagaimana seharusnya. Cukup melelahkan baik fisik maupun mental mengingat urusan administrasi dengan pihak rumah sakit tidak jauh berbeda dengan ketika saya mengurus KTP dari RT hingga ke Kecamatan.

Disinilah energi banyak keluar melihat setiap kenyataan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Baik … saya mungkin tidak bercerita tentang hal itu dulu saat ini. Mungkin akan dishare lain waktu saja. Saat ini lebih fokus untuk share sedikit pengalaman seseorang yang menderita batu ginjal walaupun sebenarnya pola hidupnya boleh dibilang jauh dari penyakit batu ginjal yang saat ini menyumbat saluran ke kantong kemih.

Sekilas penjelasan dari dokter mengenai letak batu yang menyumbat itu belum jelas, karena setelah di USG, batu diduga berada pada bagian tengah saluran dari ginjal ke kantong kemih.. 2 saluran dari masing-masing ginjal tersumbat batu. Hal ini menyebabkan air kotor yang seharusnya keluar dari kantong kemih menggenangi ginjal dan terus menumpuk *sehingga penderita akan terlihat gemuk* bahkan jika diabaikan akan merendam paru-paru. Salah satu ciri bahwa air genangan sudah mencapai paru-paru adalah nafas yang tersengal-sengal, yang menyebabkan kerja paru-paru dan jantung lebih cepat dari biasanya. Dalam hal ini jantung semakin cepat memompa darah, termasuk darah yang mengalir ke ginjal.

Jika fungsi ginjal hanya beroperasi sekitar 5 – 10 % saja, maka ada kemungkinan ketergantungan pada mesin pencuci darah. Dalam hal ini mesin pencuci darah bekerja sebagai pengganti fungsi dari ginjal. Dapat dibayangkan bagaimana pola hidup penderita yang telah sangat ketergantungan dengan mesin pencuci darah, juga keluarganya. Semoga keluarga penderita selalu diberikan kekuatan untuk mendampingi penderita dengan sabar dan penuh keridhoan.

Ternyata Kesehatan Itu Mahal Harganya… Jadi sayangilah ginjal dengan cara hidup sehat.

3 Tanggapan to “Sayangi Ginjal Dengan Hidup Sehat”

  1. indragp2009 said

    nice blog

  2. audy said

    waaah bener tu maas, jangan nyepelein masalah kesehatan, kudu dijaga, biar ga nyesel…

  3. Sebaiknya sayangi ginjal kita, apalagi bagi yang sudah terkena sakit asam urat agar menjaga makanaannnya, jangan sembarangan makan yang banyak mengandung protein seperti jeroan dan kacang-kacangan karena akan memperberat kerja ginjal dan jangan minum jamu sembarangan karena bisa berakibat fungsi ginjalnya cepat menurun. tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: