Belajar Berbisnis Online & Trading Online di Internet

Tempat Belajar Bisnis Online di Internet Bagi Karyawan

Bagian Otak Itu Ada Dua

Posted by Aji Monoarfa pada Juli 16, 2009

Mungkin semua sudah tau kalau otak itu terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kiri dan otak kanan. Fungsi dari masing-masing bagian otak ini berbeda. Otak kiri .. katanya nih.. lebih banyak mengolah hal-hal yang bersifat angka, numerik, berorientasi pada masa lalu, sedangakn otak kanan lebih banyak mengolah hal-hal yang berhubungan dengan bahasa, rasa, nada, lebih bersifat abstrak dan berorientasi sebaliknya dengan otak kiri, yaitu berorientasi pada masa depan.

Juga diketahui bahwa otak pada anak umur dibawah 5 tahun memiliki perkembangan yang sangat menakjubkan, semua impuls dengan mudah diterimanya. Makanya para orang tua harus hati-hati kalau anaknya menonton TV yang bukan konsumsinya.. salah -salah memori nya berisi hal yang keliru dan sangat berbahaya. Untuk itu sangat penting memilih pola pendidikan anak dibawah usia 5 tahun ini yang tepat untuk dapat menstimulasi otak anak agar optimal.

Di Indonesia, berdasarkan pengalaman pendidikan yang saya dapatkan. Pendidikan masih didominasi oleh pola pendidikan yang mengembangkan otak kiri…  walaupun ada materi pendidikan yang mengembangkan otak kanan, namun tidak seimbang. Sebagaimana orang tua pada umumnya, senang sekali jika anak-anaknya mampu menghafal, menghitung, cerdas mengikuti semua materi yang diberikan di play group, TK bahkan SD. Tapi tidak begitu bergembira jika hasil rapportnya merah tapi bisa bernyanyi, seolah-olah para orang tua ini lupa kalau didalam otak anaknya ada otak kanan yang juga terdapat potensi yang luar biasa.

Jadi tidak perlu khawatir jika anak kita ternyata tidak mampu dalam berhitung atau aktivitas otak kirinya tidak optimal. Coba lihat.. mungkin saja perkembangan otak kananya lebih dominan… kalau begitu perlu dicarikan aktivitas yang bisa menstimulasi otak kanannya. Ingat Sang Raja Pop, Michael Jackson adalah bukti seorang yang mampu hidup dengan mengoptimalkan otak kanannya. Bisa dibayangkan kalau dulu dia memilih menjadi seorang pekerja kantoran dengan latar belakang Insinyur… Ga bakal ngetop seperti sekarang ini pastinya.

Just a stupid idea to write.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: