Belajar Berbisnis Online & Trading Online di Internet

Tempat Belajar Bisnis Online di Internet Bagi Karyawan

Memilih Vendor Outsourcing

Posted by Aji Monoarfa pada Juni 27, 2009

Sudah sejak beberapa tahun lalu, Outsourcing merupakan sebuah cara bagi perusahaan untuk melakukan efisiensi dalam  menjalankan bisnisnya, walaupun saya pribadi tidak sepenuhnya setuju dengan pernyataan tersebut. Namun ini sudah menjadi kekeliruan yang menjadi kebenaran yang secara tidak sadar diterima oleh khalayak umum dan perilaku bisnis. Itu juga salah satu penyebabnya kenapa posisi sebagai karyawan outsourcing dipersepsikan sebagai karyawan kelas dua dan terkesan murahan apalagi kalau outsourcing tersebut diputuskan, dikelola atas dasar kolusi dan nepotisme.

Lahan bisnis outsourcing tumbuh subur sesubur praktek kolusi dan nepotisme dalam memutuskan vendor outsourcing mana yang akan diterima.. praktek suap menyuap, minta komisi kalau mau diterima, sangat subur disini yang tanpa sadar hal itu ternyata menguji integritas.

Nah.. sebagai panduan untuk meyakinkan proses pemilihan vendor outsourcing dapat memberikan efek bantu sehingga bisa konsentrasi pada core business dan juga pengembangan sumber daya manusia berikut panduan singkat dan sederhananya :

  • Identifikasi bisnis inti dari usaha dan menetapkan dalam sebuah statement tentang core bisnis tersebut, hal ini tentunya untuk dapat memastikan tidak melanggar pelaksanaan outsourcing yang telah ditetapkan oleh Undang-udang dan peraturan pelaksanaannya. Referensi tentang undang-udang dan peraturannya adalah :

a. UU No. 13 Tahun 2003
b. KEPMENAKERTRANS No. 101 Tahun 2004
c. KEPMENAKERTRANS No. 220 Tahun 2004

  • Analisa Cost & Benefit. Dalam penerapan ini sangat perlu membuat analisa ini, untuk memastikan bahwa penerapan outsourcing mencapai sasaran.

Detail lebih lanjut silahkan lihat sendiri disini ya…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: