Belajar Berbisnis Online & Trading Online di Internet

Tempat Belajar Bisnis Online di Internet Bagi Karyawan

Cerdas Dalam Mengkritik

Posted by Aji Monoarfa pada Juni 3, 2009

Baru-baru terjadi kisah yang memilukan bagi seorang ibu bernama Prita Mulyasari yang awalnya ingin menyampaikan keluhannya atas pelayanan yang diberikan sebuah Rumah Sakit yang kurang memuaskan Ibu Prita Mulyasari ini. Namun apa dikata keluhannya ini tidak mendapatkan tanggapan sehingga Ibu Prita Mulyasari memutuskan untuk menulis email, maksudnya sih bercerita, kepada rekan-rekan kantornya. Tapi Ibu Prita Mulyasari mungkin tidak pernah menyangka ternyata sebuah email yang dia tuliskan membawa dia ke Polda Metrojaya karena tersangkut kasus pencemaran nama baik bahka cenderung ke pidana.

Apa pasalnya…?

Ternyata email yang dibuat oleh Ibu Prita Mulyasari ini mengandung sebuah kata yang hanya bisa dikeluarkan oleh seorang penyidik. Kata tersebut adalah “penipuan”. Dalam dunia ketenagakerjaan kata ini sangat hati-hati digunakan karena kata tersebut harus dibuktikan dan dinyatakan oleh seorang penyidik. Makanya dalam peraturan perusahaan jarang sekali kata-kata ini digunakan tapi dicari padanannya yang tidak harus dibuktikan oleh pihak penyidik.

Misalnya kata “Mencuri”, sebuah kata yang harus dibuktikan oleh pihak penyidik, tidak bisa dinyatakan oleh sebuah perusahaan dan atas  dasar itu perusahaan tersebut memecat karyawan. Maka harus cerdas dalam memilih kata dalam menyatakan sebuah statemen atau pernyataan. Padanan “mencuri” adalah “memindahkan barang yang bukan haknya tanpa ijin dari pemiliknya”, nah kalau dengan kalimat tersebut tidak perlu ada penyidikan sebagaimana yang seharusnya dilakukan jika menggunakan kata “mencuri”.

Jadi perlu hati-hati untuk mengkritik, pilihlah kata-kata yang tepat apalagi jika yang dikritik adalah sebuah badan hukum atau lembaga. Dan ini merupakan pelajaran yang sangat mahal bagi kita-kita dalam mengajukan sebuah kritik ke dalam ruang publik. Jadi cerdaslah dalam mengkritik.

4 Tanggapan to “Cerdas Dalam Mengkritik”

  1. -setuju,jangan asal ngritik,apalagi memfitnah,menghujat,ngrasani karena itu akan berakibat tidak baik.
    -salam

  2. yAH, setuju juga sih..jadi menulis itu ada batas juga ya..memang ekspresi kita perlu dikendalikan, terlebih yang hobi posting tentang hal-hal negatif orang lain atau instansi lain..tapi mudah2an RS Omni menjadi lebih baik dalam melayani, smeua dokter tidak mata duitan, serta bu Prita dan Omni saling memaafkan..kemudian Presiden kita yang no 1..hehe

  3. Ono Gosip said

    BREAKING NEWS !!!
    TANGGAPAN KEJATI BANTEN ATAS PEMERIKSAAN JAKSA YANG MENUNTUT PRITRA:
    “Kita tidak berbicara siapa yang akan kemudian bertanggung jawab terhadap pembuatan …(BAP),yang penting, tapi siapa yang harus bertanggung jawab mereka yang melakukan tindakan pidana (PRITA). Saya berikan apresiasi kepada jaksa tersebut!!”

  4. Extenze said

    Hello. Great job. I did not expect this on a Wednesday. This is a great story. Thanks!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: