Belajar Berbisnis Online & Trading Online di Internet

Tempat Belajar Bisnis Online di Internet Bagi Karyawan

Sayur Bayam Mengandung Racun

Posted by Aji Monoarfa pada Februari 6, 2009

Mengingat informasi ini sangat penting bagi kesehatan, khususnya bagi mereka yang menyukai sayur mayur dalam hal ini bayam, berikut saya posting email yang saya terima dalam inbox email saya. Semoga bermanfaat.

Bagi anda yang menyukai bayam, kenalilah hal-hal apa saja yang terkandung didalamnya dari mulai dipanen hingga dimasak agar bisa meyajikannya secara benar.

  1. Bayam mengandung zay besi yang berupa Fe2+ (ferro) <— udeh tau kan? Kalau dia terlalu lama kontak dengan O2 (Oksigen), Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi kita ada ferro. Sedangkan ferri bersifat toxid pada bayam. JADI.. kalau bayam dipanasi, akan berlaku oksidasi tersebut. (Akuw dulu bingung kenapa ibuku selalu melarang memanasi  sayur bayam, beliau seh ga bisa jelasin secara ilmiah gituw, tapi selalu bilank “sayur bayam, kalu blom habis jangan dipanasi laghi”)
  2. Jangan pernah mengkonsumsi bayam lebih dari 5 jam. Soalnya, selain mengandung zat yang disebutin tadi itu, bayam juga mengandung zat nitrat (NO3). Kalau teroksidasi dengan udara, maka akan menjadi NO2 (Nitrit). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau dan bersifat racun bagi tubuh manusia. Menurut John S Wishnok, bayam segar yang baru dicabut dari persemaiannya telah mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg/kg. Bila bayam disimpan di lemari es selama 2 minggu, kadar nitrit akan meningkat sampai 300 mg/kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan meningkat 21 mg/kg (7%). Efek toksik (meracuni tubuh) yang ditimbulkan oleh Nitrit bermula dari reaksi oksidasi Nitrit dengan zat besi dalam sel darah merah, tepatnya di dalam Hemoglobin (Hb). Mungkin ada yang blum tau bahwa salah satu tugas hemoglobin adalah mengikat oksigen untuk disalurkan ke seluruh organ tubuh. Ikatan Nitrit dengan hemoglobin, disebut Methemoglobin, mengakibatkan hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen. Jika jumlah methemoglobin mencapai lebih dari 15% dari total hemoglobin, maka akan terjadi keadaan yang disebut Sianosis, yaitu suatu keadaan dimana seluruh jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen. JIKA hal ini terjadi pada bayi dikenal dengan nama “Blue Baby”.

Efek Toksik lainnya adalah kemampuan nitrit bereaksi dengan Amino sekunder dapat membentuk senyawa yang dapat menyebabkan kanker.

O,ya jangan memasak bayam pake panci alumunium yach.. soalnye bisa bereaksi dengan zat besi yang ada di bayam, dan … jadi racun.

TIPS MENGKONSUMSI BAYAM :
*Pilih bayam yang baru dipetik dan masih segar*
*Hendaknya lansung diolah setelah mendapatkan bayam segar*
*Jangan terlalu lama disimpan dalam lemari es*

Jadi takut mengkonsumsi bayam?? JANGAN …. soalnya kandungan nutrisinya sangat BESAR alias TOP BANGED. Bahkan bayam disebut sebagai KING oF VEGETABLES, tapi cukup mengetahui sifat dan unsur dari bayam itu sendiri dapat membuat Sayur Bayam Menjadi Nikmat apalagi pakai sambal jeruk nipis plus ikan asin jambal.. .:)

32 Tanggapan to “Sayur Bayam Mengandung Racun”

  1. klo geto POPEYE ga’ bertenaga lagi dhonk.. hehee..😀

    salam hangat..😉

  2. emang kata orang-orang, bayem ada bahanya nya…terutama buat yang kena asam urat

  3. katroboy said

    nice info..😀

    @katroboy
    thanks for visiting

  4. yuddie said

    Jangan pernah mengkonsumsi bayam lebih dari 5 jam. => maksudnya 5 jam makan bayam terus?, gila aja perut gentong kali ya !

    @yuddie..

    hahahaha.. bisa aja nih…

  5. emang gitu ya? nyokap gw sering manasin bayem nih… wah gawats! kalo gw kasih tau, dia cuma manggut”… tapi gak ngerti. huhuhu…

    mohon pencerahannya… http://diazhandsome.wordpress.com

    @diazhandsome

    nah.. sekarang udah bisa kasih tau tuh.. biar ga dipanasin.. karena sewaktu dipanasin zat nitritnya menjadi lebih banyak dan itu berbahaya..

  6. koranindependen said

    Wah gimana dong, padahal untuk kekuatan aku harus makan bayam, jadi nggak bisa lagi mengalahkan si Brutus, karena aku Popeye si pelaut….

    @koranindependen
    ganti sama kangkung aja wakakakak

  7. 1 lagi, jangan dimasak pakai panci alumunium….

    @roberthendrik
    betul sekali karena bisa menghasilkan reaksi kimia antara panas api dengan aluminium dan zat dalam bayam itu sendiri

  8. rET said

    hm.. klo yang satu ini.. yang gak boleh dimasak pake panci alumunium ini kau belum pernah denger sih.. itu maksudnya gimana ya? jadi klo masak harus pake panci yang ada lapisannya seperti cat gitukah? ato pake panci stenlisteel (bener gak tulisannya ya) itu kah? hm.. padahal biasanya dan pada umumny orang memasak menggunakan perabot alumunium.. seperti bayam juga pake panci alumunium.. knapa yang bagian itu gak dijelasin. Tapi infonya bagus jadi makin ngerti napa bayam gak boleh dipanasi dan gak boleh terlalu lama.. (sebenarnya ibukku sering bilang sih, tapi sama aja gak tau alasannya) thx before.. *hhe.. panjang.. komenku..* ^,^Y

    @rET
    Aluminium itu kan salah satu unsur kimia dan akan bereaksi jika dipanaskan (reaksi kimia), ga tau sih pada suhu berapa derajat Aluminium akan bereaksi dan menghasilkan apa. Nah. kalau hasil reaksi kimia itu berekasi lagi dengan zat sensitif yang ada dalam bayam bisa menjadikan racun lagi.. kira2 gitu kali ya..🙂

    Yang kamu maksud diatas itu stainless steel itu bukan aluminium.. tapi itu sejenis logam berupa baja (putih). itu sih aman.

  9. mamas86 said

    Jangan pernah mengkonsumsi bayam lebih dari 5 jam.

    Ya jelaslah… Mengkonsumsinya 5 jam, kalau nggak keracunan ya muntah-muntah…

  10. Admin said

    yang jelas, jangan makan mayam sambil berdiri…saruu

    salam,
    http://bursasepatu.wordpress.com
    http://planetshoes.wordpress.com

  11. ohya makasih yah info nya
    enak nya sih gitu jadi sekali masak langsung makan
    mumpung masih panas,,,

    @M Shodiq Mustika
    Jadi pengen minta dibuatin sayur bayam hangat2 nih.. trus pake sambal terasi…:)

  12. agnessekar said

    Terima kasih tulisannya, menambah wawasan, karena bayam dekat dengan kehidupanku , Ya, bisa dikatakan makanan sehari-hari, wah ngeri juga kalau bayam bisa jadi racun jika diolahnya tidak benar, Waw ! luar biasa masukannya. Sukses untuk anda.

    Regards, agnessekar.wordpress.com

    @agnessekar
    Wah.. senangnya kalau informasi ini bermanfaat.

  13. infonya ngeri-ngeri sdaaap. bagaimana dengan bayam merah, apa sama manfaat n bahayanya?

    @firlienatalie
    Belum nemu artikelnya untuk bayam merah.. tapi mungkin karena masih dalam satu jenis tumbuhan yang sama. paling tidak zat yang terkandung didalamnya, khususnya zat nitrit itu tetap ada, hanya saja kadarnya saja yang berbeda. Jadi tetap waspada saja.

  14. mlakumlaku said

    Betul tuh….sayur bayam juga ga baik dipanasin lebih dari 80’C,,untung gw gak doyan sayur bayam (ko bangga ya…)

  15. concueror said

    bener g ni beritanya,jangan2 cuma isu alias gosip

    @concueror
    Yang lagi dibahas ini sayur bayam ya.. bukan artis dengan nama bayam, jadi ini bukan gosip..hehehehe.
    Bener mas… coba tanya sama ibunya deh.. kalau ibu2 sih rata2 sudah paham mengenai ini, tapi itu kalau ibunya sering didapur.🙂

  16. Ga mau makan bayam lagi ah

    @bluepaperblog
    wah.. informasi ini bukan untuk nakut2in tapi untuk lebih waspada saja.. kalau makan bayam sudah dingin kuahnya, perlu ditanya sama orang yang nyediain…, dibuatnya dari kapan. supaya ga makan racun karena sudah lebih dari 5 jam..:)

  17. demoffy said

    waduh.. sayur kesukaanku…😦
    tidak…

    tapi kaLau keseringan boLeh atau enggak,,,?

  18. Ph!duT said

    “Sayur Bayam Menjadi Nikmat apalagi pakai sambal jeruk nipis plus ikan asin jambal….” jadi laperrrrr😀

  19. YaNoWa said

    waww….tapi kok popeye malah tambah kuat yah…hahaha

  20. mykiddy said

    mantap…..thanks infonya. memang sayur bayam itu enaknya abis dimasak lagi anget2 tuch di makan, jangan sampai dingin kalo tidak rasa nikmatnya dah ilang…….

  21. itu makanya, kalo saya masak bayam, ga pernah dibiarin sampe lebih dari semalem.. coz, bisa beracun tuh

  22. yani said

    Emang…. kalau apalagi makan bayamnya sambil minum racun dah….pasti klenger…..
    lam kenal….

  23. aulia said

    kalau kripik bayam gimana??

    masih ada racunnya gag??

    apa juga ada aturan pengolahan kripik bayam yang baik dan benar???

    @aulia

    Kalau dijadiin kripik.. kayanya sih ga masalah. Karena racunnya muncul ketika ada proses pemanasan kembali dimana terjadi reaksi kimia. Makanya tidak disarankan untuk dipanasi lagi kalau mau dikonsumsi.

  24. Saraswati said

    Aku lagi kena anemia defisiensi besi, jadi disarankan banyakin makan bayam merah..
    Tapi kalo ngolahnya salah bisa-bisa Hbku makin rendah dong?
    5 jam itu dari mulai masaknya sampai batas terakhir makan kan bos?

    @Saraswati

    Iya.. 5 jam sejak dibuatnya

  25. handini shinoda said

    hwahahah,,, sayur bayam menakutkan….!!!! klo g pake panci aluminiumn pake panci apa yah?

  26. KellyDoe said

    Hello my dear friends.
    I want to say thank you to the post author. I have found this information interesting
    and very useful, because a have common problems with fungal infection
    and this way i may solve my problem with health. Thanks again, God bless you!
    Best regards, Kelly.

  27. thata said

    Thanks infonya… koq ga dari dulu ya ku buka yang ni… huhu… my baby sering ta’kasih bayam, masak pagi sampe sore kalo masih ya dikasih lagi😦 . Gimana tuw???

  28. lita said

    waduh,,serem juga. jadi bingung mau makan sayur pa biar kuat dan ga tekanan darah rendah

  29. lovia said

    klu gak bleh pake panci almunium?????? lalu pake apa pdhl di rumah ku banyak banget peralatan almunium???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: