Belajar Berbisnis Online & Trading Online di Internet

Tempat Belajar Bisnis Online di Internet Bagi Karyawan

Napak Tilas Perjalanan Portalreksadana.Com

Posted by Aji Monoarfa pada Januari 9, 2009

Akhirnya KDR II bisa dilangsungkan juga disela-sela kesibukan aktivitas pekerjaan para pengurus yang nyambi menyempatkan diri untuk loba-lobi kesana kesini… tapi tetap committed menjadikan portalreksadana sebagai bagian dari pekerjaan hariannya, Job Enrichment kali ya… :)  Salut, kagum dan bangga dengan dedikasinya.. Personally saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Bro Autogebet, Mba Nur yang pontang – panting mengurus acara KDR II ini agar bisa terlaksana dan lebih dari itu terlaksana dengan kejutan kalau acara ini GRATIS TIS.. TIS…TIS… terbuka untuk semua donatur (prioritas nih…) dan member tentunya (first come first served). Terimakasih juga untuk Schroders dan Bursa Efek Indonesia

Bismillahirahmanirahhim… semoga lancar dan sukes.

By the way.. sudah lama juga ternyata saya tidak posting disini , maksudnya posting komentar bukan artikel hehehehe, selama ini hanya sekedar jadi penonton saja dan baca-baca artikel investasi dari para kontributor yang sejalan dengan waktu semakin banyak dan Well Educated in Financial & Investment Background. Selain membernya juga terus berkembang dengan pesat bahkan sangat pesat.

Kemarin saya sempat mampir di Milist nya Dewan Donatur, ternyata ada diskusi kecil mengenai kelangsungan hidup dari portal ini karena habisnya dana untuk memperpanjang  kontrak collocation (itu tuh…. semacam sewa tempat naruh server dan jasa koneksi supaya portal ini bisa online) yang akan jatuh tempo akhir Januari 2009 ini. Wah, kebayang nih.. kalau ga bisa diperpanjang, bisa tutup nih…portalreksadana yang sudah membuktikan kemurahan hati foundernya dengan menerapkan free of charge membership dan free access berbagai artikel + fitur bermutu mengenai investasi khususnya reksadana.

Salah satu fitur favorit saya adalah Portalreksadana Matrix yang merupakan trade mark dari portalreksadanaPortalreksadana Matrix ini memberikan informasi pemeringkatan reksadana berdasarkan beberapa faktor. Dari kredibilitas MI yang mengelolanya, Asset Under Management hingga return / kinerja dari reksadana itu sendiri yang disajikan dengan mudah untuk dipahami melalui grafik sumbu. Thanks to Bro Autogebet dan Bro Passion4U yang sudah merealisasikannya.

O..iya..buat rekan-rekan member yang baru saja bergabung disini dan juga senior-senior member yang  sudah bisa menikmati informasi dan ilmu secara gratis disini, saya sajikan di bawah ringkasan dari sejarah bagaimana portalreksadana ini jatuh bangun dihajar oleh ramainya pengunjung, dan mungkin salah satunya seribunya klikan mouse rekan disini. Berikut ikutilah napak tilas untuk mengenang dan mengingatkan perjuangan menghidupkan portal ini.

  1. 31 Agustus 2007 postingan pertama di Portalreksadana.Com dengan judul Another Beta Release of portalreksadana.com
  2. Postingan selanjutnya, postingan dari kontributor independen dengan spiritnya untuk berbagi ilmu, terimakasih saya ucapkan juga kepada mereka yang sekarang entah kemana (Bro 4m4r4, Bro Eko035 dari Safirsenduk, Bro Hu5na dan Bro Taufik Gumulya). Semoga sehat wal’afiat ya…!!!. Saya masih ingat dengan pertanyaan saya yang cupu (culun punya) saat itu, yaitu apa sih maksudnya subscribe.., sideways, bearish, bullish…?  sampai-sampai usul untuk dibuatkan kamus istilah di dunia Reksadana.
  3. Menu My Reksadana launch dan diikuti beberapa permintaan fitur dari member ke Bro Autogebet cepat ditanggapi, hari ini minta….. besok sudah muncul, sampai terharu biru mendapatkan pelayanan yang super duper cepat, seperti menu Komparasi Kinerja Reksadana, My Plan. Ternyata Bro Autogebet ini pernah nginep di kantor untuk menyelesaikan permintaan membernya. Kemudian sejalan dengan perkembangan fitur dan menu-menu di Portalreksadana.com, traffic kunjungan semakin meningkat bahkan server sempat down dan provider shared hosting (dengan biaya sewa 300rb / bulan) tidak mau menyewakannya lagi untuk portalreksadana. Maklum.., sewa hosting pertama kan masih beban pribadi Bro Autogebet, kalau harus sewa hosting yang private bisa kedodoran apalagi portalreksadana ini kan tidak berbasiskan pada bisnis namun hanya untuk edukasi dan sosial. Detail ceritanya disini http://www.portalreksadana.com/?q=node/122
  4. Setelah kejadian downnya server hosting portalreksadana.com beberapa member seperti ayam kehilangan induknya, tidak tahu kenapa kok tiba-tiba tidak bisa diakses, yang muncul hanya “Page Not Found” dan ketika muncul lagi ada berita bahwa beberapa data hasil diskusi yang hidup hilang dan member harus Sign Up ulang. Detail ceritanya disini http://www.portalreksadana.com/node/117. Sampai-sampai saat itu komunikasi dengan member tidak bisa dilakukan, kemudian saya usulkan untuk buat blog dulu di wordpress sehingga bisa tetap update komunikasinya. Masih ada nih.. sejarah peninggalannya dengan warna birunya yang cool banget http://portalreksadana.wordpress.com/
  5. Hingga akhirnya muncul ide untuk menggalang dana untuk mempertahakan kelangsungan hidup portalreksadana ini dan juga mengkampanyekannya melalui blog pribadi yang ini dan ini. Alhamdulillah, ternyata animo member sangat besar agar portalreksadana bisa tetap bertahan sehingga terbentuklah Dewan Donatur dengan pengumpulan dana waktu itu sekitar Rp 28 Juta  (membeli server dan sewa collocation). Dan hingga akhirnya portalreksadana dapat terus menjalankan misinya sebagai Media Komunitas dan Edukasi Investasi Reksadana hingga hari ini.

Nah.. demikian cerita singkat tentang napak tilasnya portalreksadana ini semoga memberikan insight dan inspirasi khususnya member-member yang baru saja bergabung.

Dengan sedikit latar belakang dari napak tilas diatas dan diskusi kecil di milist dewan donatur mengenai kelangsungan hidup portalreksadana, saya ingin mengajak para member disini untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam mencari alternatif untuk menjaga kelangsungan hidup portalreksadana yang telah memberikan manfaat ilmu tentang investasi reksadana, membuka mata saya secara pribadi sehingga bisa “melek investasi” dan tentunya juga member disini yang telah mendapatkan manfaatnya.

Tidak berbeda dengan dahulu sewaktu server hosting portalreksadana down tidak lain adalah karena hit dan klik mouse member bahkan non member yang ingin menimba ilmu, mencari informasi tentang pengelolaan keuangan yang lebih baik, merencanakan masa depan anak bahkan hingga merencanakan pensiun. Mari bergabung menjadi donatur for the good of community.

3 Tanggapan to “Napak Tilas Perjalanan Portalreksadana.Com”

  1. terima kasih brooo… you make me terharu lagii🙂

  2. @adityohidayat

    Tetap semangat ya bro…:)

  3. wah perjalanannya panjang juga hehehe…
    semoga para pemain reksadana bisa menjadikannya sebagai situs panduan ya mas

    @Zalukhu
    Amien.. Zal. Sekarang sudah acara yang kedua nih.. mudah2an bisa untuk acara-acara yang berikutnya di luar Jakarta… nyampe ke Nias juga🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: