Belajar Berbisnis Online & Trading Online di Internet

Tempat Belajar Bisnis Online di Internet Bagi Karyawan

Belajar Short Selling di IDIC Chat Room

Posted by Aji Monoarfa pada Juli 11, 2008

Malam ini, sekedar abis putar-putar cari tempat makan..akhirnya dapat juga di pinggir pantai (duh.. lupa nama tempatnya) yang pasti ok punya lah…pemandangannya pantai, dibawahnya ada kolam ikan bandeng dan diiringii alunan musik di area terbuka sambil makan kepiting saus tiram dan steam ikan kerapu hitam..hm…..!!!!

Setelah itu pulang ke hotel (kali ini di Good Way Hotel) dan lanjut nongkrong di IDIC Chat Room bersama para pakar trader saham…..Independent Stock Trader…., ada Pak Blin, Pak I_to, Mba Ciekal, Mr. Steph22 dan rekan-rekan yang lain. Diskusi malam ini sharing tentang Short Selling dengan saham sendiri dan short selling pinjam saham sekuritas. Short selling dengan saham sendiri ini sebenarnya strategi Cut Lost dan menampung dibawah tujuannya untuk meminimalisir kerugian yang lebih besar.

Contoh :

Kalau sebelum gempa BUMI kemarin (turun 13% dalam 1 hari) harga BUMI ada di 7200, kemudian turun menjadi 6000 kita belum sempat menjualnya atau istilahnya “nyangkut”, dan kita mem“PREDIKSI” bahwa harga akan turun lagi hingga 5500, kita bisa lakukan aksi CUT LOST di harga 6000 kemudian membelinya lagi di harga 5500 dengan “PREDIKSI” harga akan naik ke 5800 maka kita telah meminimalisir kerugian. Awal kerugian CUT LOST = 1200 (7200-6000) kemudian dengan membeli di harga 5500 dengan “PREDIKSI” harga akan ke 5800 maka kita untung 300 (5800-5500), jadi kerugian kita yang seharusnya adalah sebesar 1200, dengan aksi short selling saham sendiri maka kerugian tersebut hanya sebesar 900 (1200-300). Strategi ini sangat berisiko karena kemenangan kita sangat ditentukan oleh keakuratan “PREDIKSI” kita dalam skenario diatas.

Strategi yang kedua adalah Short Selling dengan saham pinjaman,…apakah ini legal…., saya belum punya referensi tentang itu tapi cukup banyak para trader menggunakan cara ini. Strategi ini dilakukan dengan cara melakukan penjualan saham sekuritas, berdasarkan kesepakatan kontrak dengan pihak sekuritas, yang mana jaminannya adalah dana cash yang tersimpan dalam rekening kita di sekuritas.

Contoh :

Saya punya dana di sekuritas A sebesar 5 Milyar, kemudian akan melakukan short selling senilai 500 juta, tentunya pihak sekuritas tidak keberatan karena ada jaminan uang cash yang lebih besar. Kemudian saya akan melakukan short selling untuk saham BUMI yang saat ini harganya 7200, maka saat harga BUMI di 7000 dengan mem”PREDIKSI” bahwa harga akan terus turun lebih dalam, saya perintahkan sekuritas untuk melakukan aksi jual ….kemudian harga BUMI turun lagi diharga 5500 dan saya memerintahkan sekuritas untuk melakukan aksi BELI (dengan PREDIKSI harga akan naik lagi menjadi 5800) maka saya mendapatkan keuntungan dari aksi saya menjual saham BUMI milik sekuritas di harga 7000 dan membelinya lagi diharga 5800. Jumlah volume dari saham BUMI sekuritas menjadi kembali 100% (setelah aksi beli saya di 5800) dan saya menikmati keuntungan dari selisih sebesar 1200 (7000-5800).

Kedua strategi ini merupakan cara mendapatkan untung pada kondisi bearish (trend harga pasar turun), sehingga para trader bisa mendapatkan keuntungan dalam kondisi bullish (trend harga pasar naik) maupun bearish.

Tertarik menggunakan strategi ini..? apalagi kondisi trend harga saat ini sedang bearish. Para guru di IDIC menyarankan agar tidak melakukan hal ini kecuali kita benar-benar paham apa yang kita lakukan, karena resikonya sangat besar. Mudahnya……. kalau dalam kondisi pasar bullish saja kita masih rugi…maka jangan nekat menggunakan strategi ini dalam kondisi pasar bearish. Karena kita bukan pasukan Jepang yang akan melakukan HARAKIRI

6 Tanggapan to “Belajar Short Selling di IDIC Chat Room”

  1. Risyadmum said

    Nge-short pake pinjaman saham sekuritas emang udah boleh di IDX?

  2. jaka dilaga said

    Bang Aji pinjam eke aja nti bayarnya bang Aji tinggal nunging aja…………………………

  3. @Risyadmum

    Aku kurang paham boleh atau tidaknya, tapi prakteknya banyak yang melakukannya. Dan itulah yang menyebabkan index jatuh jauh lebih dalam…. short selling itu tidak lain menjual saham yang bukan milik kita, jadi satu2nya yang bisa dipinjam punya sekuritas dengan jaminan modal kita yang ada di account dia…

  4. audy said

    wah….dunia baru ni bagi sayaa…..:D lom pernah kenal short selling dkk sebelumnya…. baca2 dulu yaaah…thanks infonya…salam kenal maas…

  5. @audy

    selamat datang digubuk ini. Btw, mau kenal juga ini ama short selling hehehee… boleh aja, kita punya komunitasnya kok.

    Itu sih ilmu yang sempat aku dapat seorang suhu yang rendah hati namun berilmu tinggi🙂

  6. hobbies said

    hi everybody

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: