Belajar Berbisnis Online & Trading Online di Internet

Tempat Belajar Bisnis Online di Internet Bagi Karyawan

Persiapan Interview untuk fresh graduate

Posted by Aji Monoarfa pada Mei 24, 2008

Sebagai lulusan sebuah universitas ternama di Yogyakarta, Indah sebut saja
namanya, cukup banyak memiliki kesempatan untuk dapat lolos seleksi tahap
pertama, yaitu seleksi administrasi, apalagi dengan IPK diatas 3. Bukan
hal yang sulit untuk lolos pada tahap ini.

Selanjutnya, Indah mendapatkan panggilan untuk mengikuti proses seleksi
tertulis dan dilanjutkan interview. Mungkin banyak yang tidak mengetahui
apa saja yang sebenarnya ditanyakan pada saat interview...mencoba bertanya
kepada kandidat yang sudah mendapat giliran lebih dahulu, jawabannya …”
Yang ditanya pengalaman waktu kuliah, aktivitas keseharian diluar kampus
hingga hobi, yang bersifat umum biasanya ditanya latar belakang keluarga,
kerjaan orang tua, kemudian apa yang dilakukan pada waktu senggang,
bagaimana proses belajar…apakah menemui kesulitan… paling itu saja”…

Dipikir-pikir pertanyaan itu tidak perlu dihafal, tinggal jawab saja
karena semuanya sudah ada jawabannya pada diri kita masing-masing. Tapi
anehnya kok banyak juga yang gagal ya….!!! Aneh bin ajaib… Lha wong
jawabannya yang itu kandidat yang paling tau…tapi kok
….aneh…aneh….!!!!

Tulisan diatas mewakili piliran saya yang mencoba mengira-ngira apa yang
ada dalam benak para kandidat saat mereka mengikuti proses seleksi tahap
interview dan reaksi mereka ketika melihat hasilnya dimana beberapa dari
mereka tidak tercantum namanya pada papan pengumuman. Padahal mungkin
mereka sudah menceritakan semua atas pertanyaan yang diberikan.

Teman-teman ku yang baru saja lulus, selamat sebelumnya buat kamu telah
menyelesaikan pendidikan tingginya. Saya ingin berbagi mengenai kejadian
diatas yang mungkin pernah kalian alami.

Dalam proses interview, di beberapa perusahaan menerapkan pola interview
yang berbasiskan tingkah laku atau kerennya disebut dengan Behavioural
Event Interview
(BEI). BEI ini memfokuskan penggalian kompetensi melalui
perilaku sesorang yang dilakukan dimasa lalu dalam satu situasi tertentu,
dimana perilaku masa lalu dapat memprediksi perilaku masa depan.

Nah..untuk itu, ada beberapa hal perlu dipersiapkan jika kamu mendapat
panggilan untuk interview, dan perusahaan tersebut menggunakan tehnik ini.
Untuk mengidentifikasi tehnik interview ini biasanya intervewer mengajukan
beberapa pertanyaan seperti berikut ini :

Coba berikan contoh peristiwa yang spesifik, ketika kamu menghadapi suatu
masalah disaat kondisi kamu sedang tertekan. Apa yang kamu lakukan..?

Ceritakan pengalaman kamu ketika harus memimpin sutau regu atau kelompok
disejolah / kampus / organisasi..!

Ceritakan peristiwa ketika tugas / pekerjaan yang kamu kerjakan menemui
kesulitasn dan belum selesai juga pada saat dead line..!!!

Karena yang ditanyakan biasanya tentang masa lalu, maka agar kamu juga
tidak terlalu lama berpikir untuk mengingatnya atau mungkin mengarangnya
(heh…tidak boleh mengarang ya..nanti ketauan loh…karena ada indikator
diwajah kamu kalau kamu mencoba untuk mengarang cerita), ma ka kamu
persiapkan antara lain :

Buat daftar akitivitas yang berkesan selama kamu kuliah atau mengikuti
organisasi yang berfokus pada leadership, problem solving, influence
others, decision making, team work, team handling, people handling dan
lain-lain. Dari daftar tersebut kelompokan setiap peristiwa sesuai dengan
fokus yang ingin diceritakan dan mulailah dari hal yang negatif dan
kemudian akhiri dengan hal yang positif tentunya yang melibatkan peran
kamu dalam cerita tersebut.

Cari informasi mengenai perusahaan di websitenya, kenali jenis usaha dan
produknya untuk memudahkan kamu mengidentifikasi perilaku-perilaku apa
saja sih.. yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut ada pada karyawannya.

Dalam bercerita fokuskan pada peran kamu dalam peristiwa tersebut. Apa
yang kamu lakukan, katakan, rasakan dan bagaimana reaksi kamu dan terakhir
apa hasilnya dari semua peran yang kamu lakukan.

Terakhir, buatlah resume seunik mungkin, jangan pernah menggunakan format
yang sama peserta lain apalagi menjiplaknya.

17 Tanggapan to “Persiapan Interview untuk fresh graduate”

  1. jaka dilaga said

    bang aji kok rahasia interview trakindo di bocorin.
    aku bilangin lho ke papa………………………..

  2. Aji Monoarfa said

    Bagian yang mana yang rahasia..?🙂
    Pengetahuan itu banyak kok diinternet cuma sayangnya tidak banyak yang tau. Coba liiat disini tehnik2 interview dan informasi lainnya mengenai interview. Nah..saya sendiri merasa ingin bisa mengedukasi para “freshgraduater”. Karena saya yakin setiap orang itu memiliki potensi dan kompetensi namun harus digali, kalau mereka secara pribadi mampu mengidentifikasi hal itu akan lebih mudah bagi mereka mengembangkannya dan para HR bisa dengan lebih mudah menangkap “pesan sejati” dari interview.

    Serunya lagi kalau interviewee sudah pada pintar, para interviewer terdorong untuk lebih pintar mengidentifikasi mana “pesan sejati” dan “pesan palsu” yang disampaikan..caranya..? hm…. nah kalau ini baru rahasia….

    Tapi tetap saja kalaupun tau rahasia diatas dan mencoba untuk memanipulasinya, bahasa tubuh tidak bisa lebih fasih menyampaikan pesan sebenarnya.

  3. jaka dilaga said

    ah kalo bahasa tubuh jaka dah paham bang.

    tinggal lihat pantatnya goyang kemana dah ketahuan kok boong pa nggak.

  4. Risyadmum said

    Kalau goyangnya ke arah kiri = mengakses memori
    Kalau goyangnya ke arah kanan = berimajinasi
    (kebolak nggak sih?)

    Kalo goyang inul? dijamin lulus masuk Trakindo.

  5. kalau mengakses memori kan bicara history, nah biasanya kalau ditanya tentang masa lalu, bahasa tubuhnya akan menunjukan pergerakan untuk mengakses ke otak kirinya dan juga sebaliknya kalau ditanya adalah rencana (masa depan) yang diakses adalah area imajinasi jadi bahasa tubuhnya seharusnya mengakses otak kanan. Kalau sudah cukup pengalaman hal ini bisa terlihat dari bola matanya… (gaya polisi mengintrogasi…)

    Tapi rada repot kalau bola matanya yang satu ke kiri dan yang satu ke kanan…:)

    Itu semua teori namun bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengidentifikasi ni.. orang bohong apa ga ya…atau istilahnya menidentifikasi pernyataan sejati atau tidak.

    Kan .. aneh kalau ditanya masa lalu tapi bahasa tubuhnya mengatakan masa depan, kemungkinan dia lagi ngarang2 jawaban tentang masa lalunya.🙂

  6. Risyadmum said

    Jadi kalo interview dan banyak ngarangnya, disarankan pake kacamata item. Gitu kan?

  7. hmm… ide yang bagus.. itu trik polisi supaya ga malu kalau nilang..makanya polisi pake kacamata hitam..

  8. jaka dilaga said

    bang aji nti aku pake kacamata item yah

    biar nti kalo natap mata bang aji ga ketauan kalo aku nipu..

  9. @ “jaka dilaga”

    ah.. mo pake ato ga kalau sampean sih tetap aja ketauan …. kekekekeke…

    Btw, ngantor juga nih..hari libur gini.., lagi banyak kerjaan ya..mau closing..

  10. dewi said

    jakadilaga palsu… buka jati diri dong kalau berani… cemen ah…!

  11. Risyadmum said

    Wih, ada yang marah-marah tuh.
    Nyonya asli apa palsu?

  12. jaka dilaga said

    @ ajistereoarfa
    idih mas aji tau deh kalo lagi dikantor. iya neh lagi closing maklum akhir bulan.

    @mba’ dewi
    aduh mba’ kok marah ceh…nti aku buka baju didepan bang Adji lho…..apa mba ga cemburu?

  13. @jaka dilaga

    eh.. bukan dikantor deng.. ente online pake mentari / IM3 nya indosat ya.. ketauan deh…

  14. jaka dilaga said

    ih kok tau sich…..pinter deh Aji ini jadi bikin tambah suka…..

    eke pake starone kalo malam soalnya kalo pake mentari mahal bo…..

    keliatan yach dari IP-nya..

  15. Risyadmum said

    Kalau diinterview dgn pertanyaan diatas, dan nggak boleh pake kacamata item, jawaban saya harus jujur dong:

    1.Coba berikan contoh peristiwa yang spesifik, ketika kamu menghadapi suatu
    masalah disaat kondisi kamu sedang tertekan. Apa yang kamu lakukan..?
    Tidur,pak *dengan sopan jawabnya*

    2. Ceritakan pengalaman kamu ketika harus memimpin sutau regu atau kelompok
    disejolah / kampus / organisasi..!
    typo errornya kebanyakan, bisa diulang pertanyaannya,pak?

    3.Ceritakan peristiwa ketika tugas / pekerjaan yang kamu kerjakan menemui
    kesulitasn dan belum selesai juga pada saat dead line..!!!
    Tidur dong,pak!

    #Lulus tes kejujuran,kan?

  16. Test kejujurannya sih lulus….Jujur abis. Paling mujur masuk lewat outsourcing jadi OB…:)

  17. Panduan Tes Kerja dan Wawancara Kerja 2009

    *12* Paket Lengkap Modul Psikotes

    Panduan Tes Kerja dan Wawancara Kerja 2009

    *12* Paket Lengkap Modul Psikotes

    Berguna bagi anda dalam menghadapi tes psikotes
    Paket Lengkap dengan berbagai macam bentuk tes kerja
    Panduan Praktis Kiat sukses wawancara kerja
    Mantap untuk persiapan tes kerja dimanapun
    Hari ini bisa anda dapatkan dalam waktu 3 jam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: