Belajar Berbisnis Online & Trading Online di Internet

Tempat Belajar Bisnis Online di Internet Bagi Karyawan

1 Tahun BEI Gathering

Posted by Aji Monoarfa pada April 21, 2008

Akhirnya datang juga….!!! Begitulah kira-kira kata yang terucap ketika acara Gathering BEI Club, tanggal 19 April 2008 kemarin diadakan dengan pembicara seorang analis nge top Goei Siauw Hong yang bergelar CFA. Siapa dia sehingga peserta yang datang ngebludak (untung datanya pagi dan dapat baris kedua dari depan, karena memang sudah di booking sama Mba Nur – Bendahara KDR 1 nya PortalReksadana.Com).

Siapakan dia sehingga BEI menghadirkan Goei Siauw Hong di 1 tahunnya Monthly Gathering BEI Club yang sangat spesial. Goei Siauw Hong adalah seorang analis pasar modal yang mendapatkan gelar internasional CFA dan merupakan angkatan 1 peraih gelar tersebut dan setiap tahun selalu diminta menjadi penguji bagi para calon peraih gelar CFA di lembaga internasional yang berkedudukan di Amerika. Dalam satu sesi Tanya jawab Pak Harjuno, menurut Mbak Nur, Bapak yang satu ini suka menulis artikel tentang pasar modal yang cukup renyah di milistnya BEI Club, mengatakan bahwa Goei Siauw Hong adalah seorang analis yang sangat ditunggu-tunggu analisa pasarnya bahkan pernah diisukan sebagai analis yang pernah beternak uang di pasar modal dengan modal 100 juta dan berhasil meningkatkan kekayaannya menjadi 100 milyar.

Hmmmm… “Time is Money but Knowledge could be more…”

Materi gathering BEI Club kali ini tentunya tidak lepas dari pasar modal sebagai misi BEI untuk mendorong masyarakat untuk menjadi investor yang sukses, begitu kata Pak Sembiring. Amiennn….!!! Diantara nya masih membahas seputar analisa fundamental saham secara teori, yaitu hal-hal yang mempengaruhi harga saham di pasar baik dari sisi fundamental perusahaan dan makro ekonomi yang didalamnya terdapat kebijakan moneter dari Bank Indonesia. Wah.. pokoke…teori abis deh… Yang menarik adalah sesi Tanya jawab karena beberapa peserta bisa meminta pendapat atau analisa Goei Siauw Hong tentang dampak ekonomi global yang melambat terhadap ekonomi Indonesia, meningkatnya harga komoditi di pasar dunia yang membawa dampak mahalnya harga sembako di Indonesia.

Misalnya saja, bisa dikatakan saat ini sedang terjadi bubble pada sektor komoditi dimana terjadi aliran dana yang berlebih sejak beberapa tahun kebelakang sehingga harga saham di sektor ini telah naik dengan nilai yang cukup signifikan dalam beberapa waktu ini.

Kondisi likuiditas yang berlebih terus menerus sangat dapat menyebabkan bubble ini meletus (seperti bubble nya sektor perumahan di Amerika) sehingga akan menyebabkan kerugian jangka panjang.Siapa lagi korbannya…? Tapi apakah skenario ini sama dengan Subprime Mortgage..? Saya tidak tahu…!!! Tapi apakah fakta bahwa permintaan George Bush kepada OPEC untuk menaikian produksi minyak dunia ditolak bisa dikatakan sebagai sinyal, dimana kenaikan harga komoditi seperti minyak bukan disebabkan karena adanya mekanisme pasar berupa naiknya permintaan. Diduga bahwa harga minyak dipasar dunia didorong oleh spekulasi yang dilakukan oleh Hedging Fund di negara maju seperti Amerika yang bermain di futures (istilah apa tuh..?, cari di investopedia.com ya…) sebagai acuan harga pasar komoditi.

Wah.. dalem banget nih tulisan, tapi itulah saya dapat untuk sekedar menambah wawasan sebelum nyebur di pasar modal khususnya pasar saham yang cenderung volatile.

Diakhir acara, Pak Sembiring melakukan potong tumpeng sebagai rasa syukur atas keberlangsungan Monthly Gathering BEI Club yang genap selama 1 tahun ini. Katanya, tumpeng ini merepresentasikan kondisi investasi di pasar saham, didalam nya ada nasi kuning yang melambangkan ada kebutuhan, ada sambel yang melambangkan dinamika sebuah investasi dan adanya resiko, telur yang melambangkan harapan atas investasi, ada daging ayam sebagai lambang kemakmuran jika investasi ini dikelola secara cerdas dan bijak

Ada “Kata Bijak” yang dapat dikatakan sebagai prinsip dalam berinvestasi, misalnya kalimat akhir ditulisan tentang WATR Gathering ini, agar kita lebih bijak dan smart dalam berinvestasi. Nah kali ini saya berpesan untuk diri sendiri dengan “Kata Bijak” berikut ini “Dalam setiap transaksi dipasar saham selalu ada yang untung dan yang rugi karena tidak mungkin ada yang sesuatu terjual tanpa ada yang membelinya”

Yuk belajar investasi …..!!!

Maaf foto potong tumpengnya belum diupaload, nyusul aja deh..

3 Tanggapan to “1 Tahun BEI Gathering”

  1. risyadmum said

    Gw tahu loe pasti udah nulis laporan, gw belum sempat neh, untung ada loe.
    Psst… sebenarnya gw mau lihat foto si tumpeng🙂

  2. Aji said

    itu dia…karena inernetnya lemot jadi rada malas nungguin uploadnya. Padahal fotonya pas banget tuh penyerahan tumpeng ke si Goei Siauw Hong.

    BTW, terimakasih untuk materi KDR nya..wah kayany gw emang rugi ga ikut tapi dengan dapat materinya cukup membantu untuk belajar technical analyst nya si bro passion…emang dahsyat tuh orang..

  3. bpkgudang said

    http://gudangilmuinvestasi.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: