Belajar Berbisnis Online & Trading Online di Internet

Tempat Belajar Bisnis Online di Internet Bagi Karyawan

Wan Al Trading Room-WATR Gathering April’08

Posted by Aji Monoarfa pada April 6, 2008

Terimakasih sebelumnya kepada rekan saya yang satu ini, rekan yang telah mendaftarkan nama saya dalam acara gathering bulanannya WATR (Wan Al Trading Room) meskipun tanpa sepengetahuan saya (sepertinya Mba Nur ini paham sekali saya perlu forum seperti ini)

Berikut ringkasan materi yang saya dapatkan (semoga dengan menulis saya bisa mendapatkan manfaatnya. Jika ada yang keliru dalam penulisan ini, semata-mata pemaham saya yang keliru dari materi yang saya dapatkan untuk itu berikan kritik anda disini)

Materi kali ini diskusi mengenai Bandarmologi yang dihadiri sekitar 400 peserta (kursi terisi penuh, full house bo…), namun sebelum masuk ke materi utama peserta dijejali (maaf..karena memang materi awal ini membuat saya merasa ngantuk, persis kuliah Management Keuangan waktu di Kampus).

Materi pembukanya antara lain :

  • Macro and Micro Economy, bicara tentang GDP (Gross Domestic Product), Inflasi dan Pengangguran
  • Financial Statement yang berisi Neraca, Laporan Laba Rugi dan Cashflow
  • Ratio dalam Management Keuangan

Materi pembuka ini sengaja disajikan bagi peserta karena informasi tersebut yang akan digunakan dalam menyiapkan Trading Plan yang bisa dipahami dan yang resikonya bisa diterima sesuai dengan profile kita masing_masing.

WATR sangat menekankan bahwa setiap investor harus membuat Trading Plan, tanpa itu maka emosi yang akan menjadi panglima dalam setiap keputusan dan tentunya hal itu tidak diinginkan oleh siapapun. Karena kita tidak pernah tau rencana Konsorsium Bandar besar yang ada dibelakang saham yang sedang menjadi incaran diperjualbelikan di bursa yang setiap saat bisa bullish dan bearish tanpa kita duga bahkan oleh para ahli fundamentalist maupun technicalist (maaf maksa banget istilahnya).

Ada beberapa jenis bandar yang bermain didalam bursa, diantaranya :

Market Maker Bandar

Bandar ini diperlukan untuk membuat pasar bergairah dan mengelola likuiditas pasar dalam range harga tertentu. Bandar ini juga selalu melakukan test pasar (mood investor) dan mengukur kekuatan pasar dalam menyerap jumlah saham di bursa.

Market Cornering Bandar

Nah..Bandar yang satu inilah yang akan siap mencaplok uang kita ketika kita masuk kedalam pasar dengan berbekal “katanya analyst” (ingat semakin sering kita transaksi semakin sering dan besar broker dapat komisi), mungkin sekali dua kali bisa untung mendengar kata analyst tapi sekali buntung habis semua keuntungan atau sebaliknya buntung buntung dan buntung sekali untung tidak bisa menutupi buntung 🙂

Market Cornering Bandar ini biasanya melakukan transaksi semu dengan memanipulasi harga dan volume transaksi sehingga terkesan satu saham banyak yang membeli namun ketika mereka (biasanya investor retail) sudah masuk dalam pasar, Market Cornering Bandar ini akan keluar membawa nilai yang sangat besar (sebelumnya mereka sudah ada di pasar) tinggal akhir kita para investor retail tengak-tengok mau jual tidak ada yang beli dengan harga yang kita harapkan karena trendnya menjadi terbalik dan akhirnya Cut Loss.

Terakhir adalah Bandar Amatiran (maaf penjelasan yang satu ini lagi ga dengerin, karena lagi nyatet)🙂

Mengapa Trading Plan penting…?

Ketika kita masuk bursa kita selalu berhadap dengan para lawan kita yang salah satu diantaranya adalah bandar-bandar diatas (fund manager salah satunya, tapi fund manager ada juga yang berada dibawah stuktur Bandar besar) dimana mereka memiliki tim riset yang dibagi sesuai dengan segmen dan dibawahnya lagi ada beberapa trader untuk beberapa saham (biasanya satu saham bisa dipegang oleh 2 orang trader), dilengkapi dengan beberapa monitor pergerakan grafik dan saluran informasi berita CNBC , CNN dan Reuters.

Dan secara Institusi atau Lembaga mereka biasanya terkoneksi dengan para pembuat kebijakan perusahaan besar dalam sebuah Club Golf, Club Fitnes yang informasi tentang perusahaan tanpa sengaja diperoleh.

Masih mau nekat masuk bursa tanpa Trading Plan…? Atau bisa juga sih… dengan cara bergabung di Club Golf dan Club Fitnesnya pembuat kebijakan perusahaan yang sahamnya anda beli…kali aja dapat bocoran untuk aksi beli dan aksi jual. JJJ

Gimana…? kayanya sih mendingan pilih buat Trading Plan kan…!!! Caranya..? Yuk..kita belajar sama-sama disini juga seperti pernah dibahas sama bro passion4U (kalau ga ada ..maksudnya minta dibahas)…, ingat trading plan tidak hanya sekedar untuk para pemain saham saja ..tapi juga buat para pemain reksadana juga. Kan sudah ada ETF (Exchange Trade Fund) itu loh..reksadana yang diperjualbelikan di bursa (sama seperti saham).

Isi Trading Plan diantaranya :

1. Alasan melakukan aksi beli atau jual berdasarkan kondisi makro dan mikro ekonomi, laporan keuangan perusahaan, berita seputar emiten dan lainnya.

2. Target Beli

3. Taget Jual

4. Cut Loss Target.

Itu saja yang bisa dishare hasil belajar di WATR April 2008…. (mau belanja bulanan dulu soalnya). Semoga Bermanfaat.

“Berita dan Rumor bedanya tipis sama seperti kata Bullish dengan Bullshit”🙂🙂🙂

Satu Tanggapan to “Wan Al Trading Room-WATR Gathering April’08”

  1. […] yang dapat dikatakan sebagai prinsip dalam berinvestasi, misalnya kalimat akhir ditulisan tentang WATR Gathering ini, agar kita lebih bijak dan smart dalam berinvestasi. Nah kali ini saya berpesan untuk diri […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: