Belajar Berbisnis Online & Trading Online di Internet

Tempat Belajar Bisnis Online di Internet Bagi Karyawan

Accelerated Technician Program

Posted by Aji Monoarfa pada September 24, 2007

Direncanakan bulan ini divisi saya akan menjalan program akselerasi untuk technician yang direkrut dengan latar belakang D3. Tehnik Electro yang diambil dari Politehnik Bandung. Program ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan mendesak dari bisnis yang ada di divisi saya, meskipun sebenarnya corporate juga memiliki program pengembangan untuk serviceman yang dikenal dengan program pengembangan Technician Talent Pool (TTP).

Namun, melihat materi pengetahuan yang diberikan pada program pengembangan TTP ini masih bersifat basic sekali, sedangkan kebutuhan yang ada adalah technician pada level 3. Nah…untuk itulah dibuat program akselarasi ini dengan memadatkan materi-materi yang jika dijalankan melalui program regular memerlukan waktu sekitar 5 tahun untuk sampai pada posisi yang diharapkan, namun melalui program akselerasi ini kita dapat mendapatkan technician dengan skill yang sama dengan level 3 memerlukan waktu hanya dalam 2 tahun yang secara intensif diberikan pelatihan baik in class maupun praktek pasca in class training dan tentunya evaluasi pada setiap selesai OJT di cabang.

Satu minggu yang lalu, 8 orang sudah direkrut untuk masuk dalam program akselerasi “Electrician” dan direncanakan pada tanggal 24 September 2007 masuk kedalam kelas di training center. Pelatihan ini terdiri dari beberapa 5 sesi in class training dan OJT untuk pemantapan materi dikelas. Untuk in class training pertama akan diberikan pengetahuan dasar tentang cara kerja sebuah unit atau engine yang mana merupakan fundamental system sebelum mereka diberikan pengetahuan yang lebih advance. Materi pelatihan ini diberikan selama 6 minggu.

Menjelang pelatihan tanggal 24 September 2007, 8 trainee ini sudah diberikan induction dari sisi kepersonaliaan, safety, juga materi tentang motivasi “transformasi emosi”. Dari hasil induction ini diakui oleh para trainee sangat membantu mereka dalam membangun motivasi bekerja dengan sikap mental pekerja bukan lagi sikap mental pelajar. Namun, melambungnya motivasi mereka dalam menghadapi program akselerasi ini sangat mudah sekali runtuh dengan informasi yang memberikan pengaruh negatif dari rekan seniornya, mengenai harapan sukses bekerja diperusahaan ini. Hal ini saya ketahui setelah mereka meminta untuk dilakukan ulang induction dari sisi kepersonaliaan yang cukup mengagetkan saya.

Ada pelajaran yang saya dapatkan dari kejadian diatas, bahwa merekrut seorang fresh graduate dalam jumlah yang cukup banyak berasal dari satu institusi pendidikan cenderung menimbulkan emosi sosial kolektif yang dapat berakibat baik dan juga buruk tergantung informasi / impulse yang diterima oleh mereka. Kalau ternyata informasi
ini tidak segera diklarifikas dapat menyebabkan kegamangan trainee dalam mengikuti program akselerasi. Kematangan pemikiran dalam memilih sebuah pekerjaan sangat dipengaruhi lingkungan sosial dan lingkungan kerja yang bersifat uncontrollable, namun dengan pemberian materi tentang tranformasi emosi terkait pembangunan motivasi mereka sangat membantu menjaga motivasi agar tidak jatuh terlalu jauh ketika adanya kontaminasi dari pihak luar.

Semoga program ini dapat berjalan mulus setelah dilakukannya sesi tanya jawab terkait dengan kebimbangan trainee mengikuti program. Semoga saja…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: